INFORMASI UNTUK ANDA

Cara Main Ludo King agar Kamu Tidak Kalah

.
.
Memainkan Ludo King. Permainan LUDO merupakan salah satu permainan tradisional. Dalam permainan ini diharuskan 2-4 orang mengatur strategi untuk berlomba memindahkan 4 bidak pion dengan menggunakan dadu. Pemenangnya merupakan pemain yang semua bidaknya paling cepat dipindahkan ke tujuan.

Permainan ludo ternyata berasal dari permainan tradisional India bernama Pachisi yang artinya “25″. Permainan ludo diperkirakan telah dimainkan sejak abad ke-6 di wilayah asia bagian selatan.


Meski konsep game ini berasal dari India, nama ludo sendiri berasal dari bahasa latin yaitu /ˈluːdəʊ, ˈljuː-/ yang artinya “saya bermain”. Konsep permainan yang digunakan masih mirip dengan Pachisi, namun lebih sederhana. Permainan terdiri dari dua hingga empat pemain, setiap pemain berlomba mengarahkan setiap biji dadu ke titik finish dengan langkah sesuai dengan angka dadu. Aturan permainan inilah yang digunakan untuk permainan ludo hingga zaman sekarang.

KELEBIHAN PERMAINAN
  • Kognitif, kemampuan mengetahui dan mengingat.
  • Motorik, kemampuan mengkoordinasikan anggota tubuh seperti tangan dan kaki.
  • Logika, kemampuan berpikir secara tepat dan teratur.
  • Emosional/Sosial, kemampuan merasakan dan menjalin hubungan interpersonal.
  • Kreatif/Imajinatif, kemampuan menghasilkan ide sesuai dengan konteks.
  • Visual, kemampuan mata menangkap bentuk dan warna obyek.


KEKURANGAN PERMAINAN
  • Tidak dapat dimainkan secara individu atau sendiri.
  • Cukup memakan waktu yang lama


CARA BERMAIN

  1. Langkah pertama adalah pilih 4 pion yang sama warnanya, lalu letakkan pada 4 lingkaran di area yang sama warnanya dengan pion (dalam permainan ini biasanya disebut dengan rumah awal).
  2. Kemudian leemparlah dadu secara bergantian dengan para pemain lain. Giliran pertama yang memperoleh angka dadu terbesar, diikuti yang lain sesuai besar angka dadu yang diperoleh.
  3. Untuk melangkahkan pion, pemain harus mendapat angka dadu 6 (aturan ini bisa tidak dipakai, tergantung dengan kesepakatan para pemain).
  4. Setelah itu, lempar dadu dan gerakkan pion ke kotak jalur luar sesuai arah panah, sesuai dengan jumlah angka dadu yang diperoleh. Apabila pemain mendapat angka dadu 6 maka berhak melempar dadu lagi. Namun bila sampai ke-3 kalinya masih mendapat angka 6 maka pemain tidak boleh bergerak lagi.
  5. Ketika pion telah mengelilingi sirkuit dan sampai di jalur berwarna di areanya, pemain harus mendapat angka dadu yang tepat nilainya untuk mencapai rumah akhir.
  6. Pemenangnya adalah pemain yang paling cepat meletakkan ke-4 pion di rumah akhir.
sumber: ini
Tag : Aplikasi
Back To Top