INFORMASI UNTUK ANDA

Mengatasi HP Cepat Panas dengan Cara Ampuh Ini

.
.
Kenapa handphone Samsung cepat panas?. Pertanyaan tersebut tentu selalu melintas dibenak para pengguna Android seperti Samsung ketika mendapati smarphonenya dalam keadaan panas yang berlebih. Selanjutnya para pengguna ponsel tersebut akan berpikiran bahwa handphone yang ia miliki tersebut berkualitas rendah.

Sebenarnya ada banyak penyebab yang dapat menyebabkan Kenapa handphone Samsung cepat panas?. Faktornya dapat dari ponsel itu sendiri atau juga kelalaian penggunanya. Untuk itu kenali lebih dulu apa penyebabnya sebelum melakukan tindakan apapun terhadap ponsel.


A. Menggunakan Hp di Tempat Panas

Kenapa handphone Samsung cepat panas juga dapat disebabkan oleh penggunaan di tempat panas. Misalnya menelepon di bawah terik matahari karena kurangnya sinyal. Hal ini tentu saja berpengaruh pada handphone akan cepat panas. Mengapa demikian? Hal ini karena suhu sekitar bisa mempengaruhi suhu pada ponsel. Maka sebisa mungkin, carilah tempat yang tepat dan sejuk ketika menggunakan ponsel. Bukan hanya untuk kenyamanan, namun juga agar menjaga ponsel dari berbagai resiko kerusakan.

B. Kinerja Ponsel Yang Berlebihan

Memaksa smartphone untuk bekerja keras menjalankan aplikasi bisa menjadi penyebab Kenapa handphone Samsung cepat panas. Hal ini dikarenakan CPU beroperasi sangat cepat sehingga membuat ponsel tersebut memanas. Jika mengalami hal yang demikian, sebisa mungkin jangan menjalankan aplikasi berat seperti game HD, GPS, atau lainnya melebihi batasan CPU dan RAM Hp Android Anda. Karena hal tersebut juga akan berakibat fatal pada baterai.
 
C. Sinyal Mengalami Masalah

Hal yang biasanya dialami ketika Anda berada dalam suatu perjalanan melewati daerah yang jauh dari BTS terdekat adalah kualitas sinyal. Karena setiap tempat atau daerah tentu memiliki kualitas sinyal yang berbeda-beda. 

Smartphone memaksakan diri untuk mencari sinyal secara terus menerus jika dalam keadaan kekurangan sinyal. Ini bisa menjadi penyebab Kenapa handphone Samsung cepat panas . Solusinya adalah matikan sinyal internet Anda jika memang terdeteksi minim jaringan, atau jika perlu, menggunakan mode pesawat pada jaringan lemot agar tak menimbulkan panas pada ponsel.

D. Kerusakan Pada Baterai

Kondisi baterai smartphone yang tidak layak pakai bisa menjadi penyebab Kenapa handphone Samsung cepat panas. Sistem kerja baterai yang tidak optimal membuat hardware berjalan tidak stabil. Oleh karena itu, mengecek optimalisasi kinerja baterai bisa menjadi salah satu yang dapat dilakukan. 

CARA MENGATASI

1. Install atau pasang aplikasi yang penting sajaSmartphone yang berbasis Android tentunya sudah menawarkan fitur, aplikasi game yang cukup banyak di dalamnya. Akan tetapi, saran saya download dan install aplikasi sesuai kebutuhan anda saja atau yang penting saja. Jika semua aplikasi tersebut di install semua, maka kinerja HP juga akan lelet dan menyebabkan smartphone tersebut cepat panas. 

2. Matikan Data Seluler ketika hp tidak digunakan
 
Data selular biasanya diaktifkan ketika ingin internetan melalui hp, Ini salah satu penyebab hp anda akan cepat panas dan terkadang bisa menguras baterai karena data seluler pada hp dalam keadaan aktif ketika hp sedang tidak digunakan, data selular akan terus bekerja walaupun tidak digunakan, dan bisa menguras baterai serta menyebabkan panas ketika tidak ada jaringan disekitar, sehingga ponsel dipaksa untuk bekerja ekstra karena digunakan oleh fitur data seluler dalam mencari jaringan wireless.

Oleh karena itu untuk menhindari mudah panas pada hp lebih baik matikan dulu data seluler apabila hp sedang tidak digunakan, saya pribadi sih lebih suka memilih mode pesawat setiap kali mau berangkat kerja atau ketika diperjalanan, dengan cara ini selain dapat menghemat baterai, juga dapat menjaga kondisi perangkat tetap dingin. tapi jika anda sedang memakai fitur SMS dan panggilan telepon cukup dengan mematikan data seluler saja. 

3. Pastikan selalu melakukan update sistem terbaru
 
Untuk beberapa merk ponsel android biasanya selalu difasilitasi update sistem secara rutin, fasiltias update sistem biasanya akan disediakan oleh pembuat perangkat tersebut dan update biasanya diberikan secara berkala. Update sistem ada untuk memperbaiki bug pada sistem yang sedang berjalan.

Ini benar-benar ampuh memperbaiki kelemahan sistem, seperti dulu yang saya alami pada hp zenfone 4s dengan chipset intel, benar-benar sangat panas walaupun minim penggunaan, namun seiring seringnya melakukan update sistem beberapa kali, hp pun mulai stabil dan tidak lagi mudah panas.

Untuk melakukan update sistem biasanya disediakan di sistem android anda, setiap versi biasanya letak fasiltas update ini berbeda, kalo di xiaomi redmi note 4 dan beberapa versi xiaomi lainnya, update sistem bisa melalui fasiltas aplikasi updater yang sudah disediakan oleh xiaomi. update sistem harus di cek setiap saat, jika ketika di cek ada pembaharuan sistem, maka usahakan untuk melakukan pembaharuan, karena pembaharuan biasanya memperbaiki kelemahan sistem sebelumnya. 

4. Pergunakan Baterai Yang Original atau asli

Sebenarnya masalah smartphone cepat panas juga bisa disebabkan oleh baterai yang sudah tidak dapat berfungsi lagi secara normal, maka solusi yang tepat adalah menggantinya dengan yang baru. Namun perlu di ingat, gantilag baterai tersebut dengan merk atau produk aslinya jangan yang palsu.

5. Perawatan Smartphone dan Baterai


Alangkah bijaknya jika smartphone kita sudah berusia satu tahun untuk mengganti baterai HPkita, karena baterai sudah tak dapat berfungsi dengan baik lagi. Dan yang perlu di ingat lagi, dalam mencargernya juga jangan terlalu lama maksimal proses pengecasa hanya 2-3 jam saja. Jika pengecasan sampai 10 jam atau sampai satu hari, maka ini akan menyebakan baterai akan bocor dan pastinya cepat ngedrop.
Tag : Handphone
Back To Top