INFORMASI UNTUK ANDA

Kenapa Sinyal 4G Pada Xiaomi Hilang Mendadak

.
.
Ini sering terjadi bahkan hampir di semua hp xiaomi dengan beberapa seri terutama hp xiaomi yang sudah mendukung 4G lte seperti xiaomi redmi note 3, xiaomi redmi 3 dll, walaupun perangkat xiaomi sudah mendukung 4G lete, jaringan 4G tidak aktif, padahal kartu yang digunakan sudah support 4G.


Ada beberapa kemungkinan kenapa jaringan 4G di hp xiaomi anda diantaranya adalah:

a. Jaringan 4G di hp xiaomi sengaja di lock atau dikunci.
Beberapa kasus jaringan 4G di hp xiaomi sengaja di lock dengan alasan agar xiaomi bisa dipasarkan di indonesia, mengingat saat ini jika di perangkat tidak ada kandungan dalam negeri ilegal untuk di pasarkan di indonesia. sehingga salah satunya perangkat sengaja di kunci oleh pihak distributor.

b. Rom abal-abal
Penyebab kedua karena xiaomi yang digunakan memiliki rom abal-abal alias rom yang sudah dimodifikasi oleh distributor.

c. Bug sistem
Penyebab lainnya karena bug dari sistem xiaomi, ini bisa diatasi dengan cara melakukan update atau flasing rom (berganti rom).

CARA MENGATASI
 
Cara Pertama
  • Matikan ponsel kemudian lepaskan semua SIM Card. Jika kamu memiliki dua buah kartu, gunakan salah satu SIM Card yang memiliki paket data internet pada slot SIM 1.
  • Hidupkan ponsel kembali, setelah itu masuk ke dalam dial-up (Internet Acces) dengan cara menekan tombol *#*#4636#*#*
  • Lalu pilih informasi telepon 1, kemudian pilih mode CDMA Only. Tunggu hingga beberapa saat hingga jaringan atau sinyal hilang (No Service).
  • Langkah selanjutnya yakni menuju menu Settings > SIM Card & Mobile Network > SIM 1. Pilih dan ubah Preffered Network menjadi Global.
  • Setelah melakukan langkah tersebut, secara otomatis sinyal 4G akan muncul kembali.
Jika ingin menggunakan dua kartu, kamu hanya perlu memasang kedua kartu SIM yang kamu punya seperti biasa. Pastikan kalau kartu yang digunakan untuk berinternetan berada pada slot SIM 1.

Setelah memasang SIM Card, lanjutkan dengan menghidupkan ponsel seperti biasa kemudian masuk ke dalam mode dial-up dengan mengetikkan *#*#4636#*#* lalu lakukan pengubahan mode jaringan menjadi CDMA Only.

Cara Kedua
 
Jika cara pertama tidak ampuh, mungkin cara kedua ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam memunculkan kembali sinyal 4G yang hilang di HP Xiaomi milikmu. Berikut langkah-langkahnya.
  • Pada papan tombol telepon, ketikkan *#*#4636#*#* untuk mengakses Dial-up (Internet Acces).
  • Kemudian pilih Phone Information 1 untuk melihat informasi telepon terkait penggunaan jaringan.
  • Lalu pilih dan ubah "Set preferred network type" menjadi LTE ONLY.
  • Restart data seluler, kemudian hidupkan kembali. Selesai!
Meskipun cara tersebut terbilang sangat simpel, namun nyatanya terbukti ampuh dalam memunculkan sinyal 4G yang hilang di HP Xiaomi Redmi 3, Redmi Note 3, Redmi Note 4, Redmi 4, dan lain sebagainya.

Cara Ketiga

Anda juga bisa mencoba faktory reset, jika langkah-langkah di atas masih belum berhasil mengaktifkan 4G di hp anda, tapi sebelum melakukan factory reset pastikan untuk membackup terlebih dahulu data-data penting di hp kamu.

Untuk melakukan factory reset  agar di reset ke pengaturan awal dengan cara Buka setelan/ settings > Setelan Tambahan > gulir paling bawah dan pilih “Buat Cadangan dan setel ulang” > pilih Kembalikan ke setelan pabrik.

Setelah melakukan factory reset, anda bisa menempuh cara ke #1 di atas, semoga berhasil mengaktifkan jaringan 4G di hp anda.

Demikian tentang beberapa cara bagaimana cara mengaktifkan jaringan 4G LTE yang hilang di hp xiaomi, semoga bermanfaat.
Tag : Handphone
Back To Top