INFORMASI UNTUK ANDA

Kenapa Keyboard Laptop Tidak Berfungsi? Ini Solusinya!

.
.
Keyboard Laptop saya Tidak Berfungsi? Disini akan kita bahasa laptop HP, Dell, Lenovo, Toshiba, Acer, Asus, Samsung, Sony, dll, tentang keyboard laptop yang  tidak berfungsi. Pertanyaan ini ditanyakan oleh banyak orang dan teman saya pun pernah mengalami ini. Ada banyak faktor yang membuat masalah ini bisa terjadi. Jadi setelah bekerja keras, saya menemukan beberapa tip dan trik untuk mengatasi masalah keyboard laptop. 


CARA-CARA INI BISA KITA GUNAKAN KALAU KEYBOARD LAPTOP KITA TIBA-TIBA TIDAK BERFUNGSI. BUKAN KARENA RUSAK TOTAL. KALAU RUSAK TOTAL YA SILAKAN BELI LAGI.
CARANYA!!

1. BERSIHIN YA!

Pegang laptopmu secara terbalik dan goyang-goyangkan. Terkadang, sisa-sisa dari makan siangmu atau saat kamu ngemil masuk lewat sela-sela keyboard. Bisa jadi juga debu-debu atau bahkan rambut yang masuk bisa menghambat fungsi keyboard kamu. Ini lebih merupakan masalah bagi laptop yang lebih tua, tapi layak dicoba bahkan pada yang baru.
Kalau kamu punya vakum keyboard, kamu  bisa membersihkannya dengan lebih cepat. 

2. REBOOT PC

Reboot (Restart) laptopmu karena cara ini dapat memecahkan banyak masalah secara instan. Jadi pertama Restart laptopmu dan cek keyboard bekerja atau tidak. Jika kamu tidak dapat menggunakan trackpad atau mouse untuk me-reboot PC, tahan tombol power selama kurang lebih 10-15 detik untuk mematikan PC. Jika itu tidak mengatasi masalah, coba solusi lain!

3. CEK BATERAI

Kadang, cara nomor dua di atas sulit dilakukan. Mengapa? ini karena kadang laptop tidak mati sepenuhnya walaupun sudah di-shutdown. Jadi, cara ekstrem ini bisa kamu coba untuk mematikan PC yang sudah dimatikan. Ketika PC sudah dimatikan, silakan cabut baterainya untuk memutus arus. Lalu tunggu beberapa saat dan pasang lagi. Cek Keyboard kamu!!

4. DRIVER BERMASALAH
 
Kalau masalah ini yang muncul, biasanya karena kamu menginstal laptop pada orang yang "kurang" dalam komputerisasi. Atau mungkin kamu terlalu sering mematikan laptop tanpa melalu tombol shut down.

Periksa device manager di laptopmu! Jika ada tombol pentung kuning atau malah tanda/simbol keyboardnya tidak ada sama sekali, artinya kamu perlu download master keyboardnya. Atau amannya, silakan instal ulang laptopmu pada orang yang tepat.

5. VIRUS

Masalah selanjutnya yang mungkin menerpa laptopmu adalah virus yang menyerang keyboardnya. Jadi, solusinya gampang sekali. Scan secara menyeluruh PC kamu! Mudah-mudahan keyboard akan segera membaik.

6. HUBUNGAN BERMASALAH/Kabel penghubungnya yaaaa...

Masalah ini mungkin saja terjadi pada laptopmu. Kalau kamu yakin bisa membuka dan menyelesaikannya secara pribadi, silakan bongkar sendiri. Tapi saran saya lebih baik kamu berikan pada tukang servis laptop yang benar-benar ahli. Dikhawatirkan, kamu bisa membukanya, tapi tidak bisa memasangnya kembali. hehehee....

7. KEYBOARD RUSAK

Kalau solusi-solusi di atas masih tidak bisa memnangani masalah pada keyboardmu, besar kemungkinan keyboardmu rusak. Nah, kalau masih bergaransi enak tuh bisa ditukar atau servis ganti baru. Tapi kalau tidak ada garansi, ya kamu harus ganti dengan yang baru. Harganya lumayan kok.

KESIMPULAN

Langkah-langkah di atas (1-6) bisa dipakai jika ada masalah Software di laptop Anda. Jika ada masalah perangkat keras dengan keyboard Anda, hubungi teknisi Anda atau Beli Keyboard USB Baru untuk laptop Anda. Jika langkah di atas tidak sesuai untuk Anda, hubungi teknisi laptop dan suruh dia memeriksa masalah perangkat keras laptop Anda. hehehehe.....
Tag : Laptop
Back To Top