INFORMASI UNTUK ANDA

Kenapa Iklan Adsense Tidak Muncul di Blog

.
.
KENAPA?

1. Masalah akun hosted

Pada umumnya, masalah dimana iklan tidak muncul di blog terjadi dikarenakan karena Anda mencoba untuk memasang iklan Google Adsense di blog dengan domain TLD, seperti .com, .net, .org dan lain sebagainya dengan menggunakan akun hosted.

Jika benar begitu adanya, maka wajar saja jika iklan tidak muncul di blog Anda.
Dilihat dari kebijakan pemasangannya, akun hosted hanya dapat dipasang di blog yang menggunakan domain bawaan Blogger (Blogspot.com) dan channel YouTube, sedangkan akun non-hosted lebih fleksibel, dimana dengan menggunakan akun jenis ini, Anda dapat menggunakan 1 akun Adsense untuk dipasang di Blog, baik yang menggunakan domain blogspot maupun tidak, YouTube, dan aplikasi smartphone secara tak terbatas.

2. Otorisasi situs pada akun Adsense aktif
Terkadang, karena sebuah ketidaksengajaan, bisa jadi pada saat mencoba melakukan pemasangan iklan di blog, Anda mengaktifkan otorisasi situs pada akun Adsense.

Otorisasi situs ini adalah salah satu fitur yang diberikan Google kepada publisher Google Adsense untuk mengamankan akun miliknya agar unit iklan yang berasal dari akun tersebut tidak tayang disembarang situs. Dengan begitu, akun akan terhindar dari banned karena menayangkan iklan di situs yang melanggar kebijakan, dan disaat bersamaan, hanya situs-situs yang telah diberikan otorisasi saja yang diberikan hak untuk menayangkan iklan.

3. Konten di blog mengandung kata-kata terlarang
Google sangat sensitif akan adanya setiap pelanggaran yang dilakukan oleh publishernya, setiap kali Anda melakukan pelanggaran, Google akan menjatuhkan sebuah penalti, baik itu penalti ringan, maupun penalti berat, seperti banned.

Nah, kalau penaltinya ringan, biasanya Google akan memblokir URL yang menurut mereka melanggar TOS dan tidak menayangkan iklan di URL tersebut, setidaknya sampai Anda memperbaiki pelanggaran yang Anda lakukan.

Penalti ringan ini biasanya akan dijatuhkan oleh Google pada URL yang terbukti menyajikan konten yang melanggar kebijakan mereka.

Sebagai contoh, seperti yang dituliskan Google pada halaman support mereka yang berjudulkan Kebijakan program Adsense, Anda tidak boleh menayangkan iklan Adsense di situs yang dapat dikategorikan kedalam salah satu kategori yang satu ini:

4. Unit iklan baru dibuat
Khusus bagi Anda yang memiliki sifat kurang sabar, mungkin poin inilah yang menjadi penyebab kenapa iklan belum muncul di blog Anda.

Ketika Anda membuat unit iklan baru, adalah hal yang wajar jika misalkan iklan tidak langsung muncul sesaat setelah Anda memasang script iklan di blog, karena Google membutuhkan beberapa waktu untuk menganalisis isi konten blog Anda.

Analisis ini sendiri dilakukan oleh Google untuk menentukan iklan yang relevan untuk ditayangkan di sebuah blog, sehingga baik pengiklan (advertiser) maupun pengiklan (publisher) mendapatkan keuntungan. Untuk pengiklan, mereka mendapatkan keuntungan dalam hal promosi, dimana mereka dapat mempromosikan produk mereka dengan target audiance yang tepat sasaran, sedangkan untuk pengiklan, yakni Anda, mendapatkan keuntungan karena iklan dan konten Anda memiliki kesamaan/sinkron, dengan begitu peluang pengunjung mengklik iklan akan semakin tinggi, yang akhirnya memperngaruhi income Anda.

Biasanya, ketika Anda membuat unit iklan baru, dibutuhkan waktu selama 30 menit hingga 2 jam agar iklan dapat ditayangkan secara penuh di blog, lama tidaknya proses ini disesuaikan dengan banyaknya pengunjung yang mengunjungi blog, semakin banyak pengunjung yang mengunjungi blog, semakin cepat pula iklan menjadi aktif di blog, begitupula sebaliknya.

Mengatasi Iklan Adsense Yang Tidak Muncul (Blank)

Nah setelah anda mengetahui penyebab penyebab paling umum yang menyebabkan kenapa adsense tidak muncul atau blank di blog maupun web anda berikut beberapa tips mengatasinya:

Review 1 dan 2
Adsense tidak muncul atau blank karena blog dalam masa review, nah ini tidak bisa diatasi hehehe anda harus menunggu sampai blog yang anda daftarkan benar benar di aprove oleh Google baru iklan akan muncul di blog atau web anda. Nah jika anda sudah berulang kali mendaftar tapi masih saja ditolak oleh GA, maka anda bisa membaca artikel kami yang lain tentang tips yang perlu diperhatikan sebelum blog didaftarkan Google adsense.

GA hosted di pasang di non hosted
Sudah barang tentu jika adsense hosted tidak muncul di blog atau web non hosted anda karena iklan adsense hosted hanya bisa ditampilkan di situs yang memiliki relevansi dengan produk Google lain (situs mitra) seperti Youtube, blogger (non TLD costum), Docstock, Hubpages dan situs mitra Google lain. Tips mengatasinya anda harus mengupgrade akun hosted anda menjadi non hosted dengan mendaftarkannya kembali, butuh waktu bagi Google untuk mereview blog atau web non hosted untuk direview biasanya antara 2-7 hari. Tapi tenang jika anda gagal mengapgrade non hosted ini anda tetap bisa menggunakan akun GA hosted anda di situs mitra Google dan anda bisa kembali mendaftarkan non hosted anda di masa mendatang.

Tertutup elemen lain
Script kode Adsense yang tertutup elemen script atau kode HTML lain juga bisa menyebabkan iklan adsense tidak muncul di blog. Sebagai contoh saja anda ingin menghias atau memodivikasi iklan adsense dengan penambahan tag div atau script lain, hal ini bisa menyebabkan adsense tidak muncul di blog atau web anda, cara mengatasinya gunakan script adsense asli tanpa penambahan elemen baru.

Terlalu banyak script atau java script
Adsense bisa saja tidak muncul di blog atau web karena banyak script atau javascript yang anda pasang di blog atau web anda, hal ini membatasi kecepatan load browser anda sehingga script adsense tidak terbaca. Cara mengatasinya gunakan script yang memang penting dibutuhkan blog anda.

Terlalu banyak Cookie dan Cache di browser anda
cara mengatasinya agar adsense muncul hapus cokkiie dan cache atau histori di web browser anda dan refresh maka adsense akan kembali muncul.

Verifikasi PIN
Seperti anda ketahui bahwa bagi pemilik akun GA anda akan menerima no PIN yang akan dikirim Google melalui pos untuk memverifikasi kebenaran alamat yang anda masukkan setelah akumulasi pembayaran anda mencapai ambang batas ($10) untuk Indonesia, Anda harus memasukkan no Pin yang dikirim di akun GA anda, PIN ini juga memiliki batas waktu tertentu antara 30-36 hari jika anda tidak memasukkannya dalam batas itu adsense anda tidak muncul atau blank. Cara mengatasinya jika anda baru mendapat PIN anda sekali dan belum sampai ke tangan anda anda bisa mengirim permintaan pin lagi ke dan ke tiga untuk memastikan iklan anda tetap muncul, jika sampai ketiga kali anda belum juga menerima no PIN anda bisa mengirim scan no ID anda (KTP atau SIM).

Penempatan iklan

Adsense tidak muncul juga bisa disebabkan karena penempatan atau lokasi iklan yang tidak tepat seperti pengalaman pembaca setia blog ini, pernah mengirim email ke saya karena iklan adsense mereka tidak muncul. Setelah saya cek sebentar ternyata ada 1 iklan tautan yang ditempatkan di crosscol.

Dibanned Google

Sudah jelas alasan ini karena anda tidak bisa lagi menggunakan akun adsense karena anda sudah tidak lagi menjadi member publisher adsense.

Parse script iklan
Beberapa penempatan kode iklan di dalam postingan membutuhkan parse HTML, sebagai contoh script iklan yang diletakkan di bawah judul, tengah postingan atau diakhir postingan. Anda harus memparse script iklan terlebih dahulu agar adsense bisa muncul di blog anda.

Unit iklan baru
Untuk unit iklan baru juga membutuhkan waktu agar bisa muncul di blog atau web anda, walaupun bisa saja terjadi anda baru membuat unit iklan langsung bisa muncul di blog. Namun ada juga yang harus menunggu antara 5-60 menit baru adsense mereka bisa muncul di blog.
Tag : ADSENSE
Back To Top