INFORMASI UNTUK ANDA

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Mudah

.
.
Apakah Anda ingin menampilkan Android Anda ke TV layar lebar? Banyaknya ponsel pintar dan TV pintar sekarang membuat kita ingin semua menjadi praktis. Kita telah mengunduh sebuah film melalui HP namun kita ingin menontonnya di layar yang lebih lebar seperti TV. Memang kita bisa memindahkan film itu melalui USB dan kita colokkan ke TV pintar kita. Nmun banyak pertanyaan bagaimana menampilkan apa yang ada di HP ke TV?

Ini adalah pertanyaan yang sederhana dan rumit. Udah sederhana, Rumit lagi. Gimana sih?? hehehhe. Mari disimak!!

1. Micro HDMI -> HDMI

Cara termurah, termudah, dan mungkin terbaik untuk menghubungkan perangkat Android ke HDTV Anda adalah dengan kabel HDMI. Sayangnya, ini tidak begitu populer bagi produsen untuk menyertakan port Micro HDMI di dalam distribusi mereka seperti baru beberapa tahun yang lalu. 


Tapi jika Anda cukup beruntung memilikinya, itu membuat cara ini akan lebih mudah. Kabel micro HDMI ke HDMI kira-kira sama harganya dengan kabel HDMI biasa, jadi Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah seharga 200 Ribu atau kurang. Bergantung dari panjangnya berapa. Anda bisa menemukannya di toko elektronik terdekat. Sekarang sudah banyak kok.

Begitu perangkat Anda terhubung ke salah satu input HDMI TV Anda, yang perlu Anda lakukan adalah mengalihkan sumber TV (biasanya melalui tombol source di remote) ke port HDMI dan OK.

Namun, yang terbaik adalah memastikan perangkat Android dalam mode lansekap. tablet Android paling baik dengan rasio aspek 16: 9 yang terlihat hebat pada layar HDTV besar itu. .

Kelemahan besar untuk menggunakan solusi 'kabel' adalah kesulitan dalam menggunakan perangkat saat Anda menghubungkannya ke TV. Jika Anda menonton film, ini bukan masalah besar, tapi jika Anda ingin bermain game atau menonton video YouTube, itu tidak ideal.

2. Wireless (Chromecast Google)

Chromecast Google adalah pilihan sempurna bagi siapa saja yang ingin mengendalikan tablet atau ponsel cerdas mereka di tangan mereka saat dihubungkan TV mereka. Ini juga kebetulan menjadi pilihan termurah bagi mereka yang tidak memiliki port Micro HDMI pada perangkat mereka.  Keuntungan terbesar Chromecast adalah harga, yang mencapai di bawah 500 Ribu. Fitur lain yang sangat keren adalah kompatibilitasnya dengan perangkat Android dan iOS. 

Penyiapan Chromecast jauh lebih mudah daripada yang mungkin Anda pikirkan. Setelah memasukkan dongle ke TV Anda dan memasang kabel daya, cukup unduh dan luncurkan aplikasi Beranda Google. Aplikasi ini akan mendeteksi Chromecast dan membuat sambungan untuk membantu menyiapkannya. Bahkan dapat mentransfer perangkat informasi Wi-Fi Anda secara otomatis ke beberapa perangkat. Beranda Google juga merupakan aplikasi yang Anda gunakan untuk mencerminkan tampilan Anda, walaupun dengan banyak aplikasi populer seperti YouTube, Anda cukup menekan ikon 'pemeran', yang terlihat seperti kotak atau TV dengan simbol Wi-Fi di pojok.

3. Kabel MHL

MHL, yang merupakan singkatan dari Mobile High Definition Link, pada dasarnya adalah cara bagus untuk mengatakan adaptor Micro-USB ke HDMI. Banyak merek teratas mendukung MHL untuk smartphone dan tablet Android mereka, walaupun Anda mungkin perlu mengecek ulang perangkat Anda sendiri. Berikut daftar semua perangkat mobile yang mendukung MHL.


Sambungan ini memberi Anda manfaat yang sama seperti menghubungkan melalui port Micro HDMI, namun harganya sedikit lebih mahal karena kebutuhan adaptor MHL, yang harganya bisa berkisar antara 150 sampai 400 Ribu. Bila Anda menggabungkan ini dengan biaya kabel HDMI, opsi ini bisa lebih mahal daripada Chromecast.

Peringatan bagi pemilik Samsung: Samsung telah menolak dukungan untuk MHL dan semua protokol lain untuk mengirim video dan audio melalui USB, jadi jika Anda memiliki perangkat Samsung yang lebih baru seperti Galaxy S6 atau Galaxy S6 Edge, Anda harus menggunakan solusi nirkabel. Seperti Chromecast.
Tag : Handphone
Back To Top