INFORMASI UNTUK ANDA

Cara Agar HP Tidak Lemot, SUPER CEPAT

.
.
Saat kamu membali HP baru pasti dalam mengoperasikannya akan terasa sangat cepat dan tidak lemot. Iya kan? Kemudia seiring dengan waktu berjalan, HP kamu akan terasa makin lemot. Pasti dong? Ini sebenarnya adalah masalah yang umum terjadi pada orang-orang yang punya HP android. Kamu tidak perlu cemah, khawatir, apalagi ketakutan. Kami akan beri tahu kamu cara agar HP tidak lemot saat kamu pakai.


1. CARI MASALAHNYA APA

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan HP kamu lemot. Apakah aplikasi, kepenuhan data, mungkin data wifi dan internet, atau mungkin RAM sudah penuh. Jika masalah RAM yang terjadi, kamu hanya perlu mengurangi aplikasi yang kamu instal. Kurangi/Hapuslah aplikasi-aplikasi yang menurut kamu tidak terlalu berguna atau jarang kamu buka. Ini akan sangat membantu membebaskan ruang pada RAM yang kamu punya. OK?

2. HAPUS FILE YANG TIDAK BERGUNA

Cara nomor 1 di atas adalah hal yang berhubungan dengan RAM. Kalau cara ini adalah berhubungan dengan data/file kamu. Kita mungkin sangat sering mendownload video, music, artikel, atau yang lain. Jika data-data tersebut sudah cukup kamu nikmati, tidak ada salahnya untuk dihapus saja.

Saran saya, jika kamu masih membutuhkan data-data itu sebaiknya kamu pidahkan data-data tersebut ke dalam laptop atau hardisk eksternal sehingga kamu tidak akan kehilangan data. Jadi, HP kamu tidak sesak dengan sampah-sampah sekaligus kalmu masih bisa menikmati data-data itu dalam laptop. Gitu ya!

3. HAPUS WIDGET

Semua widget yang Anda jalankan di layar utama Anda mungkin berguna, namun itu juga mengambil ruang yang lumayan pada HP anda.  Jika Anda memiliki widget yang tidak Anda perlukan, pertimbangkan untuk menonaktifkannya. 

Sebenarnya tidak masalah kalau kamu aktifkan widget-widget itu, tapi kamu akan mulai merasakan HP yang tambah lemot dari biasanya.

4. NON-AKTIFKAN ANIMASI YANG TIDAK PERLU

Bergantung pada peluncur (Theme) yang Anda gunakan, Anda mungkin mendapati ada berbagai animasi dan efek khusus. Ini mungkin terlihat bagus, tapi bisa juga memperlambat segalanya.

Periksa di setelan peluncur Anda untuk melihat apakah ada cara untuk menonaktifkan tambahan yang tidak perlu ini, dan Anda bisa merasakan sesuatu yang membuat HP anda lebih terasa cepat.

5. TUTUP APLIKASI DAN BEBASKAN RAM

Multi-tasking beberapa aplikasi memudahkan untuk beralih di antara alat yang berbeda, namun ada juga dampak pada kinerja. Anda dapat dengan cepat menutup aplikasi yang tidak lagi Anda gunakan dengan memanggil daftar aplikasi yang sedang berjalan - tekan terus tombol asal dan kemudian gesek semua aplikasi yang ingin Anda keluarkan.

6. RESTART

Perbaikan cepat dan sederhana untuk perangkat yang lambat adalah dengan hanya me-restart. Ini bisa membersihkan cache dengan cepat, menghentikan tugas yang tidak perlu agar tidak berjalan, dan menyelesaikan segala sesuatunya dengan lancar.

Cukup tahan tombol power, pilih opsi Restart, lalu tekan OK untuk konfirmasi.

7. FACTORY RESET

Penyetelan ulang pabrik membuat semuanya hilang dan mengembalikan ponsel Anda ke kondisi yang sama saat pertama kali membuka kotak. Pembaruan firmware tetap ada, namun hal-hal seperti pesan teks dan data lainnya hilang selamanya. Tapi terkadang, awal yang segar adalah cara terbaik. 
Tag : Handphone
Back To Top