INFORMASI UNTUK ANDA

CARA AGAR FOLLOWERS INSTAGRAM BANYAK

.
.
1. OPTIMALKAN PROFIL

Hal pertama yang utama adalah Sesuaikan profil Instagram Kamu agar terlihat bagus. Beritahu follower bahwa profil kamu adalah benar-benar instagram yang OK Punya dan bermanfaat.


Bagaimana? Mulailah dengan memastikan nama pengguna Kamu dikenali dan mudah ditelusuri  sehingga orang akan mengingatnya. Jika nama pengguna yang akan kamu buat sudah ada yang punya, cobalah mulai mengkreasikannya dengan nama lain. Misal ada ingin”sotobetawi” ternyata sudah ada yang memakai. Mungkin bisa kamu ganti dengan “sotobetawi212” atau yang lainnya. OK ya?

(Catatan: Pastikan untuk menambahkan nama bisnis Kamu ke kolom "Nama" di bagian "Opsi" - tombol roda gigi di iOS, atau tiga titik di Android). Ini akan muncul di bawah gambar profil Kamu dan di bawah nama pengguna Kamu dalam pencarian.
Selanjutnya, pastikan profil Kamu bersifat publik. Untuk membuat profil publik Kamu, buka Instagram, buka "Options," dan pastikan "Private Account" dimatikan.

2. TENTUKAN PEMBUAT KONTEN (Orang yang bertugas upload)

Klau instagram pribadi ya mungkin bisa dilakukan sendiri, tapi beda halnya dengan instagram bisnis. Selain kamu, seharusnya ada satu atau dua orang lagi yang kamu percaya untuk mengelola akun instagram kamu. Jika memungkinkan, pilih seseorang yang memiliki pengalaman menggunakan akun Instagram pribadi, dan karena pastikan mereka mengetahui semua fitur praktis yang ditawarkan Instagram.


3. ASAH KETERAMPILAN FOTOGRAFI DAN EDITING

Di instagram, masalah plagiat foto tentu sangat banyak. Namun followermu tidak akan mempermasalahkan itu. Tapi, jika kamu terus melakukan itu, followermu akan berpikir bahwa apa yang kamu upload tentu ada sumbernya. Mereka justru akan lebih memilih untuk mengikuti akun sumber tersebut daripada akun kamu.

Sekamuinya foto yang kamu buat adalah original hasil buatanmu, tentu mereka akan selalu menunggu apalagi yang akan kamu upload. Itu jika apa yang kamu upload berkualitas dan bermakna bagi mereka.

Untuk melakukan editing foto, kamu tidak perlu kursus mahal-mahal untuk memperdalam itu semua. Apalagi kalau harus kuliah fotografi. Sekarang, banyak orang yang belajar mandiri mengedit foto bahkan video dan hasilnya tidak kalah baiknya dengan fotografer profesional. Kamu bisa gunakan aplikasi editing foto dan video yang bertebaran di dunia ini. OK?

4. MULAI POSTING

Setelah memaksimalkan profil Instagram kamu dan sudah mengedit foto, mulailah posting!!! Yang harus kamu tahu adalah, sebagian besar orang yang memiliki kesuksesan pada instagramnya, mereka melakukan posting secara teratur. Mereka memiliki jadwal yang teratur untuk memposting pada akun mereka.

Dengan demikian, para followers kamu akan mulai memahami akun yang kamu buat. Mereka akan datang untuk melihat foto-foto yang kamu buat pada saat yang mereka sudah ketahui.  Jadi, rutin dan teraturlah dalam memposting foto. OK?

5. CAPTION YANG SESUAI

Foto dan video mungkin merupakan bagian terpenting dari pos Instagram Kamu, namun teks tidak boleh kamu abaikan. Teks adalah bagian penting dari post Kamu. Teks yang konsisten dapat melakukan keajaiban untuk mempopulerkan akun Kamu.

Tidak sedikit orang yang senang mendatangi akun seseorang bukan karena fotonya, melainkan karena caption yang dibuat oleh si pembuat. Artinya, gambar tidak selalu menjadi Raja dalam dunia instagram. Kamu harus paham bahwa di instagram banyak pula yang hobi membaca daripada hanya sekadar melihat-lihat foto atau video.

Cara lain untuk meningkatkan kemampuan berbagi caption dan melibatkan follower Kamu adalah dengan mengajukan pertanyaan atau memiliki semacam ajakan bertindak di caption foto Kamu. Misalnya, Kamu bisa mengatakan, "ketuk dua kali jika Kamu menganggapnya lucu" atau "bagikan kisah Kamu di komentar. OK YA?

6. HASHTAG YANG RELEVAN

Di Instagram, hashtag menghubungkan percakapan dari pengguna yang berbeda yang tidak akan terhubung  satu sama lin. Bingung ya? Maksudnya, hashtag dapat mempermudah kamu mencari gambar/video yang serupa tanpa harus mencari siapa pemilik gambar itu. Jika menggunakan hashtag yang relevan, pos Kamu akan terpapar follower  yang lebih luas daripada orang-orang yang telah mengikuti Kamu atau mengetahui akun Kamu.

Kunci untuk menggunakan hashtag secara efektif adalah menggunakannya dengan cerdas dan hemat. Usahakan membatasi jumlah hashtag per caption menjadi sekitar tiga. Hindari menggunakan hashtag "like for like, seperti #like4like atau #like4likes. Ini adalah taktik kotor yang akan meninggalkan Kamu dengan sejumlah pengikut berkualitas rendah.

Untuk menemukan hashtag yang mungkin digunakan follower Kamu, lakukan sedikit riset tentang hashtag yang relevan di niche yang sesuai akunmu. Niche adalah tema sebuah kaun. Misalnya posting tentang agama, makanan, travel/lain-lain.


Cara termudah untuk melakukan penelitian ini adalah di aplikasi Instagram itu sendiri, di tab "explore" (yaitu ikon kaca pembesar). Saat mencari satu hashtag, ini akan menunjukkan daftar hashtag terkait di bagian atas layar Kamu. Misalnya, ketika saya mencari #ipantai di Instagram, ini menunjukkan kepada kamu hashtag yang relevan seperti #pantaiindah, #pantairajaampat, dan sebagainya.

7. BERINTERAKSI

Instagram adalah komunitas yang sangat banyak dan satu cara hebat untuk terlibat dalam komunitas tersebut adalah menemukan orang-orang yang memposting gambar yang menarik minat Kamu, dan mengikuti akun mereka dan berinteraksi dengan konten mereka.

Ketika kamu berinteraksi dengan followersmu, mereka tentu akan senang. Pasti! Mereka beranggapan bahwa akunmu diolah oleh orang yang ramah dan pandai berinteraksi. Jadi mereka akan semakin betah berkeliaran di Instagram kamu.

Tag : Sosmed
Back To Top