INFORMASI UNTUK ANDA

Aplikasi yang Bisa dipakai Guru Agar Murid Lebih Antusias

.
.
Mengapa Guru Harus Kreatif????
  • Guru kreatif kaya akan ide
  • Cara mengajar guru kreatif dapat membantu sekolah menemukan ciri khas nya yang menjadi kebanggaan dari sekolah tersebut
  • Kreatifitas yang dimiliki guru akan menghemat biaya sekolah karena guru yang kreatif tahu cara memanfaatkan sesuatu dan menghindari penggunaan sesuatu yang kurang bermanfaat.
  • Guru kreatif akan terbangun kesadaran untuk terus belajar meningkatkan keterampilan mengajarnya, menghindari perselisihan sesama relasi kerja
  • Tidak terfokus pada dana dalam menciptakan karya 

Ada Banyak cara yang bisa dilakukan guru agar lebih kreatif memanfaatkan teknologi yang maju pesat. Berikut ada beberapa aplikasi yang bisa guru manfaatkan untuk menunjang kegiatan belajar.

1. EMAZE


Guru bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat presentasi yang menarik dan diingat para siswa. Emaze adalah software presentasi online yang dibuat dengan teknologi html5. Penggunanya dapat membuat, menentukan dan membagikan presentasi mereka melalui cloud-based SaaSsystem. Tak hanya buat guru, siswa pun dapat menggunakan alat ini untuk membuat presentasi dengan berbagai topik.
2. ZIPGRADE


Seperti yang sudah pernah saya jelaskan (BACA: ZIPGRADE) ZipGrade adalah aplikasi penilaian dengan gradasi. Tidak perlu menunggu menggunakan mesin Scantron atau pemindai. Siswa dapat langsung menerima umpan penilaian dan melihat skor tes setelah mereka selesai mengerjakan soal. Aplikasi ini membantu para guru membuat dan mencetak tugas. Soal yang diberikan bisa langsung dipindai lewat ponsel pintar. Yang harus dilakukan adalah menyelaraskan kotak pada lembar gradasi dengan kotak pada aplikasi. 

3. EDMODO

Sepertinya aplikasi ini bisa digunakan di daerah perkotaan yang siswanya sudah melek teknologi dan tahu manfaat teknologi.


Zaman sekarang mungkin hampir sebagian besar siswa memiliki yang namanya smartphone. Sekolah mungkin tidak harus membatasi siswa untuk menggunakan smartphone mereka.

Sebaliknya, sekolah dan para guru dapat memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran yakni dengan aplikasi edmodo. Aplikasi ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, tapi juga orang tua.

Siswa dapat mengerjakan tugas atau PR dengan menggunakan smartphone. Siswa juga dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka.

Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru. Kemudian orang tua dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu.

4. Schoolmedia

Selain ClassDojo dan Edmodo, aplikasi Android untuk para guru selanjutnya adalah Schoolmedia. Aplikasi pendidikan ini memberikan kemudahan pada siswa dalam mengecek nilai akademik, data orangtua siswa, histori pembayaran dan lainnya.


Dengan Schoolmedia, siswa akan mendapatkan transparansi nilai akademik, baik dari nilai tugas, nilai UTS/UAS dan lainnya.

Histori pembayaran juga sudah disediakan oleh School Media untuk mendapatkan daftar transaksi yang sudah dilakukan dan informasi lainnya yang berhubungan dengan akademik kepada orang tua.

Selain itu, siswa akan mendapatkan daftar kehadiran dari tiap mata pelajaran tiap semester. Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru.

5. Google Cardboard / VR
Google telah menyediakan kacamata virtual reality yang terbuat dari karton. Alat ini bisa dibuat sendiri oleh guru dan siswa. Modalnya Cuma ponsel pintar Android, kardus, dan komponen lain yang harganya tak mahal.
Tag : Aplikasi
Back To Top